jam

Selasa, 15 Februari 2011

Materi TIK Kelas 7 : Media Komunikasi Modern (Komputer)


      Komputer merupakan alat yang digunakan untuk memanipulasi dan mengelola data berdasarkan perintah yang diberikan oleh penggunanya. Awalnya, komputer pertama kali dibuat dengan ukuran yang sangat besar dan memerlukan daya listrik yang sangat besar pula. Dengan perkembangan teknologi komputer yang sangat pesat, saat ini kita dapat melihat dan memakai komputer dengan ukuran sebesar telapak tangan.
      Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Komputer dipakai pada berbagai bidang seperti kedokteran, perbankan, pendidikan, penerbangan, bisnis, dan sebagainya.

       Komputer bekerja dengan rangkaian Input Proses Output. Maksudnya, data diinput melalui peralatan input seperti keyboard, mouse, scanner, dan sebagainya. Data dialirkan dalam bentuk denyut listrik ke dalam peralatan pemroses. Dalam hal ini adalah Central Processing Unit (CPU) setelah diubah menjadi kode-kode digital berupa kode-kode biner.

       Sistem bilangan biner adalah sistem bilangan terdiri atas angka 0 dan 1, dimana angka 0 diterjemahkan dari denyut listrik off dan angka 1 untuk denyut listrik on. Suatu contoh jika kita mengetik abjad A maka denyut yang terkirim adalah 1010, atau on off on off. Bilangan biner ini mampu menerjemahkan berbagai jenis data, baik data teks, angka, gambar maupun suara. Selanjutnya data yang masuk ke dalam CPU akan mengalami proses pengolahan sesuai dengan instruksi yang kita berikan. Hasil pengolahan akan ditampilkan lewat monitor, printer atau speaker untuk suara.

       Mengingat jenis dan fungsinya yang beragam komputer diklasifikasikan dalam berbagai katagori:
a. Berdasarkan hubungan antar komputer:

  1. Personal komputer, adalah komputer yang berdiri sendiri tidak berhubungan dengan komputer lain.
  2. Komputer Network, adalah komputer yang dapat berhubungan dengan komputer lain dalam jaringan komputer (network).
b. Berdasarkan bentuknya:

  1. Komputer Desktop, adalah komputer yang mempunyai casing (penutup peralatan proses) mendatar (tidur).
  2. Komputer Tower, adalah komputer yang mempunyai bentuk casing berdiri (seperti menara).
  3. Laptop, adalah komputer dimana peralatan input (keyboard dan touchpad), proses dan output (monitor, speaker) tergabung jadi satu.
c. Berdasarkan kapasitas pengolah datanya:

  1. Komputer Mini, adalah komputer dengan kapasitas pengolahan dan ukuran yang kecil, misalnya PDA (Personal Digital Assistants).
  2. Komputer Mikro, adalah computer dengan kapasitas yang relatif kecil dan biasanya satu komputer hanya dipergunakan oleh satu orang saja. Misalnya Personal Computer (PC).
  3. Komputer Mainframe, adalah komputer dengan ukuran atau bentuk yang cukup besar seperti

d. Berdasarkan jenis data yang diolahnya:
 


  1. Komputer Digital, adalah komputer yang mengolah data digital. 
  2. Komputer Analog, adalah komputer yang khusus mengolah data-data analog.
  3. Komputer Hybrid, adalah komputer yang dapat mengolah data analog maupun digital.

e. Berdasarkan tujuan pembuatannya:

  1. Special Purpose Computer, adalah komputer yang diciptakan untuk tujuan tertentu.
  2. General Purpose Computer, adalah komputer yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan.
  3. Dedicated Computer, adalah komputer yang digunakan untuk Program khusus.
  4. Embedded Computer, adalah komponen komputer yang dipasang pada peralatan khusus yang biasanya digunakan untuk mengatur atau mengontrol obyek lain. Misalnya robot.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More