jam

Minggu, 27 Februari 2011

Materi TIK Kelas 7 : Sistem Operasi Periode Tahun 2000 – Tahun 2009

Windows tumbuh semakin besar dan banyak sekali digunakan oleh komputer-komputer di seluruh dunia. Seiring dengan berkembangnya system operasi windows, pergerakan sistem operasi Linux semakin terlihat. Dengan mengusung open source dan cepatnya pertumbuhan Linux, membuat system operasi ini mampu menyaingi keberadaan Windows. Sehingga di dalam periode 2000-an ini dipenuhi dengan persaingan antara Windows dengan Linux.

1). Tahun 2000
1.            Sistem operasi Mac OS diganti dengan mesin berbasis BSD Unix dengan kernel yang disebut sebagai Mac OS/X.
2.            Microsoft meluncurkan Windows 2000 sebagai penerus Windows NT. Dan tidak lama kemudian Microsoft juga meluncurkan Windows Me yang merupakan versi akhir dari Windows 95.
3.            Republik Rakyat China meluncurkan program China Goes Linux yang ditandai dengan peluncuran sistem operasi Red Flag Linux.
4.            Pada tahun ini terlihat bahwa Linux mulai dilihat sebagai saingan Windows, hal ini ditandai dengan munculnya pernyataan CEO Microsoft Steve Ballmer yang menyebut Linux sebagai kanker dalam sebuah interview dengan Chicago Sun-Times. Di lain pihak, CEO IBM Louis Gartsner menyatakan dukungan pada Linux dengan menginvestasikan $ 1 milyar untuk pengembangan Linux.

2). Tahun 2001
1.            Microsoft memperkenalkan sistem operasi Windows XP yang merupakan penyempurnaan sistem operasi sebelumnya.
2.            Michael Robertson, pendiri MP3.com, memulai pengembangan Lindows yang diturunkan dari Debian. Nantinya Lindows berganti nama menjadi Linspire karena adanya tuntutan perubahan nama oleh Microsoft.

3). Tahun 2002
1.            Perusahaan Sun Microsystem meluncurkan program aplikasi perkantoran berbasis Open Source dan dijalankan di atas sistem operasi Linux.
2.            Sistem operasi buatan anak negeri berbasis Linux mulai bermunculan, di antaranya Trustix Merdeka, WinBI, RimbaLinux, dan Komura.

4). Tahun 2003
1.            Microsoft meluncurkan sistem operasiWindows Server 2003, yang lebih dikenal sebagai Windows 2003.
2.            Redhat mengumumkan distro Fedora Core sebagai penggantinya. Nantinya ada beberapa distro lokal yang dibuat berbasiskan Fedora, seperti BlankOn 1.0 dan IGOS Nusantara.
3.            Ximian, perusahaan pengembang software berbasis Linux dibeli oleh Novell, begitu juga halnya dengan SuSE yang diakuisisi oleh Novell.
4.            Knoppix merupakan distro pertama Linux yang dikembangkan dengan konsep LiveCD yang bisa dipergunakan tanpa harus diinstal terlebih dahulu.
5.             Distro lokal yang dibuat dari Knoppix adalah Linux Sehat dan Waroeng IGOS.

5). Tahun 2004
1.            Versi pertama dari sistem operasi Ubuntu diluncurkan dan didistribusikan ke seluruh dunia. Ada beberapa versi distro yang dikeluarkan, yaitu Ubuntu (berbasis Gnome), Kubuntu (berbasis KDE), Xubuntu (berbasis XFCE), dan Edubuntu (untuk pendidikan).
2.            Pada tanggal 30 Juni 2004 Indonesia meluncurkan program Indonesia Go Open Source atau IGOS yang bertujuan untuk pengembangan perangkat lunak Open Source dan penggunaan software legal. Program yang dideklarasikan oleh 5 kementerian negara ini semakin membuka pertumbuhan sistem operasi Linux di Indonesia.
3.            IGOS sendiri dideklarasikan oleh 5 orang menteri yaitu: Hatta Radjasa sebagai Menteri Riset dan Teknologi, H. Syamsul Mu’arif sebagai Menteri Komunikasi dan Informasi, H. M. Feisal Tamin sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Yusril Ihza Mahendra sebagai Menteri Kehakiman dan HAM, serta Abdul Malik Fajar sebagai Menteri Pendidikan Nasional.

6). Tahun 2005
1.            Perusahaan Mandrake bergabung dengan Conectiva dan berganti nama menjadi Mandriva.

7). Tahun 2006
1.            Oracle ikut membuat distro berbasis Linux yang diturunkan dari Red Hat Enterprise.
2.            Distro Linux lokal terus bermunculan di tahun ini, bahkan Majalah CHIP yang lebih banyak memberikan pembahasan tentang Windows juga tidak ketinggalan membuat distro Linux dengan nama CHIPLux, yang diturunkan dari distro lokal PC LINUX dari keluarga PCLinuxOS (varian Mandriva). CHIPLux merupakan distro lokal pertama yang didistribusikan dalam format DVD.

8). Tahun 2007
1.            Setelah tertunda untuk beberapa lama, Microsoft akhirnya meluncurkan Windows Vista. Windows Vista memperkenalkan fitur 3D Desktop dengan Aero Glass, SideBar, dan Flip 3D. Sayangnya semua keindahan ini harus dibayar mahal dengan kebutuhan spesifikasi komputer yang sangat tinggi.

9). Tahun 2008
1.            Tidak seperti halnya Vista yang membutuhkan spesifikasi tinggi, 3D Desktop di Linux muncul dengan spesifikasi komputer yang sangat ringan. Era hadirnya teknologi 3D Desktop di Indonesia ditandai dengan hadirnya system operasi 3D OS yang dikembangkan oleh PC LINUX.

10). Tahun 2009
1.            Microsoft meluncurkan sistem operasi yang dibuat sebagai penyempurnaan dari sistem operasi sebelumnya dan dinamakan sebagai Windows 7.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More