jam

Minggu, 27 Februari 2011

MAteri TIK Kelas 7 : Sistem Operasi Periode Tahun 1990 – Tahun 1999

Di dalam periode ini perkembangan sistem operasi lebih ditekankan kepada tampilan grafis. Hal ini menjadikan komputer semakin mudah digunakan, dan tentu saja dengan berbagai fitur dan fasilitas yang memudahkan pekerjaan pengguna komputer.

1). Tahun 1990
1.            Dua perusahaan raksasa berpisah. IBM dan Microsoft yang pada awalnya menyatu dan saling memberikan kontribusi dalam pembuatan software memutuskan untuk berpisah dan mengembangkan software sendiri. IBM memproduksi software berbasiskan sistem operasi OS/2, sedangkan Microsoft berkonsentrasi pada perkembangan sistem operasi Windows.

2.            Microsoft meluncurkan Windows versi 3.0 yang mendapat sambutan cukup baik. Selain itu, Microsoft juga meluncurkan paket software Microsoft Office yang membundel Word, Excell dan PowerPoint menjadi satu. Microsoft Office menjadi saingan bagi software sejenis seperti Lotus 123, Wordstar, Word Perfect dan Quattro.

3.            Digital Research memperkenalkan sistem operasi DR DOS 5.0

2). Tahun 1991
1.            Mahasiswa Helsinki bernama Linus Torvalds mengembangkan system operasi berbasis Unix dari sistem operasi Minix yang diberi nama Linux.
2.            Microsoft meluncurkan MS-DOS 5.0 dengan penambahan fasilitas full screen editor, undelete, unformat dan Qbasic.

3). Tahun 1992

1.            Microsoft meluncurkan Windows 3.1 dan kemudian Windows for Workgroups 3.11 di tahun berikutnya. Sistem operasi berbasis Open Source turunan dari BSD Unix didistribusikan oleh Bill Jolitz setelah meninggalkan Berkeley Software Design, Inc (BSDI). 386

2.            BSD nantinya menjadi induk dari proyek Open Source BSD lainnya, seperti NetBSD, FreeBSD, dan OpenBSD.

3.            Linux didistribusikan dalam format distro yang merupakan gabungan dari sistem operasi ditambah program aplikasi. Distro pertama Linux dikenal sebagai SLS (Softlanding Linux System).

4). Tahun 1993

1.            Microsoft meluncurkan Windows NT, sistem operasi pertama berbasis grafis tanpa DOS di dalamnya yang direncanakan untuk server jaringan. Selain itu, Microsoft memperkenalkan MS-DOS 6.0 Upgrade, yang mencakup program kompresi harddisk DoubleSpace. Yang kemudian dilanjutkan dengan peluncuran MS-DOS 6.2.

2.            Patrick Volkerding mendistribusikan Slackware Linux yang menjadi distro populer pertama di kalangan pengguna Linux. Selanjutnya tak ketinggalan, Ian Murdock dari Free Software Foundation (FSF) membuat sistem operasi berbasis Linux dengan nama Debian.

3.             Proyek baru sistem operasi berbasis Open Source yang dikembangkan dari 386BSD dibuat dengan menggunakan nama NetBSD. Setelah munculnya NetBSD, diluncurkan pula suatu proyek sistem operasi yang juga dikembangkan dari 386BSD yang dikenal dengan nama FreeBSD.

5). Tahun 1994
1.            Microsoft meluncurkan MS-DOS 6.22 dengan program kompresi bernama DriveSpace. Ini merupakan versi terakhir dari MS DOS.
2.            Jim Hall, mahasiswa dari Universitas Wisconsin-River Falls Development mengembangkan FreeDOS. FreeDOS dibuat setelah Microsoft berniat menghentikan dukungannya untuk DOS dan menggantikannya dengan Windows 95.
3.            Sistem operasi berbasis Linux versi Jerman dikembangkan oleh Software und System Entwicklung GmbH (SuSE) dan dibuat berdasarkan distro Linux pertama yaitu SLS.
4.            Marc Ewing memulai pembuatan distro Red Hat Linux.

6). Tahun 1995
1.            Microsoft meluncurkan Windows 95 dengan lagu Start Me Up dari Rolling Stones dan terjual lebih dari 1 juta copy dalam waktu 4 hari. Selanjutnya masih dalam tahun yang sama, Microsoft memperkenalkan Windows CE versi pertama.
2.            IBM memperkenalkan PC DOS 7 yang terintegrasi dengan program populer untuk mengkompres Stacker dari Stac Electronics. Ini merupakan versi terakhir dari IBM PC DOS.
3.            Palm meluncurkan sistem operasi yang khusus untuk PDA dan lebih populer dengan sebutan PalmOS.
4.             Theo de Raadt pencetus NetBSD mengembangkan OpenBSD.

7). Tahun 1996
1.            Microsoft meluncurkan Windows NT versi 4.0, yaitu sistem operasi Windows yang memberikan dukungan penuh terhadap pengelolaan jaringan.

8). Tahun 1997
1.            Untuk pertama kalinya Apple memperkenalkan penggunaan nama Mac OS pada Mac OS 7.6. Hal ini semakin menambah nama sistem operasi yang dapat dipilih selain Windows.

9). Tahun 1998
1.            Microsoft kembali meluncurkan sistem operasi baru yaitu Windows 98 dengan menambahkan Internet Explorer sebagai fasilitas untuk menjelajah internet. Dengan munculnya Internet Explorer, Microsoft berhasil menumbangkan dominasi Netscape Navigator yang biasanya digunakan sebagai software untuk menjelajah internet.
2.            Linux mendapat dukungan dari banyak perusahaan besar, seperti IBM, Sun Microsystem dan Hewlet Packard. Server berbasis Linux mulai banyak dipergunakan menggantikan server berbasis Windows NT. Selanjutnya Search Engine terbaik hadir di Internet dan diketahui menggunakan Linux sebagai servernya. Kemudian Jepangpun tidak mau ketinggalan, meluncurkan program Japan Goes Linux. Sistem operasi TurboLinux diluncurkan di Jepang dan segera menjadi sistem operasi favorit di Asia, khususnya di Jepang, China dan Korea.
3.            Tidak berhenti sampai disana, Linux masih terus berkembang dan Gael Duval dari Brazil mengembangkan distro Mandrake yang diturunkan dari Red Hat.

10). Tahun 1999
1.            Hewlett Packard mengumumkan layanan 24/7 untuk distro Caldera, Turbo Linux, Red Hat dan SuSE.
2.            Perusahaan Corel yaitu pembuat program Corel Draw, yang sebelumnya telah menyediakan Word Perfect versi Linux, ikut membuat sistem operasi berbasis Linux dengan nama Corel Linux dan nantinya beralih nama menjadi Xandros.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More