jam

Kamis, 24 Februari 2011

Materi TIK Kelas 9 : Pengertian E-mail

       Kata email merupakan singkatan dari Electronic Mail, yang berarti 'surat elektronik'. Email merupakan sistem yang memungkinkan pesan berbasis teks untuk dikirim dan diterima secara elektronik melalui beberapa komputer atau telepon seluler.

       Lebih spesifik lagi, email diartikan sebagai cara pengiriman data, file teks, foto digital, atau file-file audio dan video dari satu komputer ke komputer lainnya, dalam suatu jaringan komputer (intranet maupun internet).

Alamat Email

Bagaimana email dapat dikirim dan diterima antarkomputer?
       Untuk mengirim email, kita harus mempunyai alamat, yaitu dengan mendaftarkan diri ke salah satu situs web penyedia layanan email. Misalnya, www.yahoo.co.id, http://www.hotmail.com/, http://www.plasa.com/, dan yang lainnya.

       Untuk menggunakan layanan email dari salah satu situs web, kita dapat memilih layanan yang sifatnya gratis maupun berbayar. Akan tetapi, layanan gratis bersifat terbatas (biasanya pembatasan dilakukan terhadap ukuran data yang dapat kita kirimkan).

       Alamat email memuat dua identitas yang dipisahkan oleh tanda @ dan dinyatakan dengan username@server.domain. Username menyatakan identitas pengguna email, sedangkan server.domain menyataka identitas organisasi penyedia layanan email.

       Sebagai contoh, untuk alamat email herukurniawan@yahoo.com, herukurniawan merupakan identitas pengguna email, sedangkan yahoo merupakan identitas organisasi penyedia layanan email.
Biasanya, bagian username dapat berupa kata-kata, nama, singkatan, atau nomor-nomor tertentu yang tidak boleh memuat karakter-karakter khusus, seperti #,$,%,&,?,<, (, ), dan simbol-simbol lainnya.

Kelebihan Email

       Pengiriman email tidak memerlukan amplop dan perangko serta pembuatannya tidak memerlukan pulpen, kertas, maupun tinta printer seperti halnya surat konvensional. Proses berkirim email pun dapat dilakukan dengan sangat cepat ke seluruh dunia sehingga dapat menghemat uang dan waktu dalam berkirim surat.
Selain itu, pengiriman email dapat dilakukan dengan mudah setiap saat dan di mana pun kita berada. Oleh kerena itu, tidak heran jika kemudian teknologi email menyebar luas dengan cepat, khususnya untuk keperluan komunikasi dalam dunia bisnis maupun komunikasi personal.

Kelemahan Email

       Selain mempunyai beberapa kelebihan dibanding surat konvensional, email mempunyai beberapa kelemahan, di antaranya adalah sebagai berikut.
  • Memungkinkan terjadinya pemalsuan identitas. Hal ini karena kemudahan proses pembuatan alamat email dapat membuat orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan keadaan ini dengan membuat email beridentitas palsu untuk keperluan-keperluan yang bersifat negatif. Misalya, untuk melakukan penipuan atau yang lainnya.
  • Memungkinkan proses penyadapan informinnya.
  • Memungkinkan terjadinya penipuan.
  • Memungkinkan penyalahgunaan dokumen, khususnya jika terjadi kesalahan pengiriman email.
  • Memungkinkan terjadinya ketidaknyamanan ketika mengelola email. Hal ini terutama disebabkan banyaknyaemail sampah (junkmail/spam) berupa iklan-iklan yang tidak kita harapkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More