jam

Minggu, 06 Maret 2011

Materi TIK Kelas 7 : Cdrom / DVDrom

CD ROM atau DVD ROM yaitu perangkat keras yang digunakan untuk membaca CD atau DVD. Ada beberapa jenis pada perangkat ini yaitu CD ROM, CD Writer, CD ROM Combo, dan DVD Writer. Hal ini disesuaikan dengan produk keping cd/DVD yang ada dipasaran.

CD ROM hanya dapat membaca keping CD atau Compact disc. CD ROM tidak dapat membaca keping DVD atau melakukan proses perekaman atau burn pada keping CD. Perangkat CD ROM sudah sangat jarang ditemui dan dianggap sudah ketinggalan.

CD Writer adalah setingkat lebih atas daripada CD ROM. Perbedaannya adalah mampu melakukan penulisan atau perekaman (burn) pada CD. Namun tetap saja belum mampu membaca keping DVD.

CD ROM Combo adalah perangkat yang mampu membaca DVD maupun CD. Bahkan pada perangkat cdrom combo mampu melakukan proses penulisan (burn) pada keping CD. Namun CD ROM Combo belum mampu melakukan proses penulisan (burn) pada keping DVD.

Sedangkan DVD Writer adalah perangkat keras yang dapat membaca keeping CD maupun DVD bahkan dapat melakukan proses penulisan (burn) pada keping CD dan DVD.

Dilihat dari bentuknya antara CD ROM hingga DVD Writer sama. Yang membedakan adalah kemampuan baca dan tulisnya terhadap media CD atau DVD. Sedangkan dilihat dari kecepatan, alat ini berbeda-beda.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More