jam

Minggu, 06 Maret 2011

Materi TIK Kelas 7 : Menghapus Folder di Linux


Penghapusan folder dapat dilakukan dengan menekan tombol Delete pada keyboard. Walaupun demikian, berikut ini adalah cara menghapus folder menggunakan menu yang disediakan oleh Linux. Perhatikan detail proses penghapusan, agar folder dapat dihapus dengan benar.

1)            Klik folder yang akan di hapus.
2)            Klik menu Edit.
3)            Klik pilihan Move to Trash.

Trash adalah istilah tempat pembuangan sementara file dan folder yang dihapus. Di dalam Windows bagian ini sering disebut sebagai Recycle Bin. Bentuknya sama yaitu berupa sebuah tempat sampah yang akan terlihat penuh jika ada file yang dihapus dan akan terlihat kosong jika sudah dibersihkan.

4)            Setelah diklik pilihan Move to Trash maka file yang dihapus akan hilang. Sebenarnya file yang dihapus tidak benar-benar hilang tetapi hanya berpindah tempat ke area khusus untuk membuang file. Di dalam Linux dikenal sebagai Trash atau Recycle Bin jika di dalam Windows.

Ketika Trash dikosongkan dengan cara berikut ini, maka file yang dihapus akan benar-benar hilang dari komputer kita. Untuk mengosongkan Trash, dapat diikuti langkahlangkah berikut ini.

1.            Klik kanan pada ikon Trash yang terdapat diujung kanan bawah Desktop.

2.            Pilih dan klik Empty Trash.
3.            Ketika ada pertanyaan yang mengkonfirmasi proses pengkosongan Trash, klik pilihan Empty Trash.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More