jam

Minggu, 06 Maret 2011

Materi TIK Kelas 7 : Perangkat Keras Proses

Alat pemroses yaitu alat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukkan lewat alat input dan hasilnya akan ditampilkan pada alat output. Secara umum alat proses terangkum dalam central processing unit atau cpu. Namun di dalam cpu alat proses dapat diurai seperti dalam uraian berikut ini.

13. Motherboard
Motherboard adalah sebuah alat berupa papan elektronik yang di dalamnya terdapat banyak sekali transistor, konduktor, resistor, dan alat-alat elektronik lainnya, tentu saja dengan ukuran yang kecil-kecil. Alat ini menjadi penghubung dan penerjemah alat-alat komputer yang ada, dari mulai alat input, proses, storage, sampai dengan output.

Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan
semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.

Motherboard atau papan induk merupakan perangkat yang paling utama terdapat pada susunan komputer, ini dikarenakan sebagai tempat bergantungnya semua komponen dalam komputer. Komponen-komponen yang ada di dalamnya seperti microprocessor, chipset, memori, basic input-output system (bios), expansion slots (untuk hard disk, cdrom, video vard, dan lainnya), serta sirkuit-sirkuit yang terkoneksi di dalamnya.

14. Processor
Alat ini merupakan alat yang paling penting. Letaknya di dalam casing dan menempel di atas motherboard. Otak komputer ini akan memproses data yang dimasukkan sesuai dengan instruksi yang diminta, kemudian akan menampilkannya ke dalam alat output.

Processor sering disebut juga dengan Central Processing Unit (CPU). Alat inilah yang akan menjalankan perintah. Keberadaan processor ini menentukan tingkat kecepatan sebuah komputer dalam mengolah data.

Processor dibuat dengan teknologi silikon. Isi dari processor adalah chip, transistor, dan komponen elektronik lainnya yang jumlahnya mencapai jutaan. Tugas processor adalah mengontrol sistem, menentukan saat pengiriman data terjadi, menjalankan operasi aritmatik, dan melakukan operasi logika.

Processor yang beredar di masyarakat dalam perkembangannya ada 3 jenis. Yaitu processor 16 bit, 32 bit dan yang paling baru 64 bit. Komputer personal yang beredar saat buku ini disusun ada yang 32 bit seperti Intel Pentium, dan 64 bit seperti Intel Xeon. Kecepatan proses komputer ditentukan oleh seberapa cepat processor dalam menjalankan instruksi-instruksi yang diterima.

15. Random Access Memory
Random Access Memory sering disebut juga dengan RAM. Alat ini terletak di atas motherboard. RAM merupakan salah satu jenis memori internal yang menentukan kemampuan sebuah komputer. Memori internal (Internal Memory) bisa disebut juga memori utama (main memory) dan memori primer (primary memory). Komponen ini berfungsi sebagai pengingat data atau program. Fungsi utama memori utama atau RAM yaitu:

1.            Menyimpan data yang berasal dari piranti masuk sampai data dikirim ke ALU untuk diproses.
2.            Menyimpan data dari pemrosesan ALU sebelum dikirim ke piranti keluaran.
3.            Menampung program atau instruksi yang berasal dari piranti masuk atau dari piranti pengingat sekunder.

Tipe-tipe Ram pada personal komputer atau PC bermacam-macam antara lain:

1.            Dram (dynamic ram).
2.            SDRam (synchronous dynamic ram).
3.            Sram (static ram).
4.            Rdram (rambus dynamic ram).
5.             EDO Ram (extended data output ram).

16. Read Only Memory
Read Only Memory sering disebut juga dengan ROM. Alat ini digunakan untuk medium penyimpanan data pada komputer. ROM memiliki sifat permanen, artinya program / data yang disimpan di dalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik dimatikan.

Menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dari ROM dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya program / data yang ada dalam ROM ini diisi oleh pabrik yang membuatnya. Oleh karena itu, ROM biasa digunakan untuk menyimpan firmware yaitu piranti lunak yang berhubungan erat dengan piranti keras.

17. Video Graphics Adaptor
Video Graphics Adaptor sering disebut juga dengan VGA. Yaitu bagian dari perangkat keras yang berfungsi mengolah tampilan atau output pada layar monitor. VGA card atau kartu vga terletak pada motherboard. Alat ini pertama kali diciptakan oleh IBM pada tahun 1987.

Ada dua jenis kartu vga yaitu vga onboard dan vga non onboard. Yang dimaksud dengan vga onboard adalah kartu vga yang diintegrasikan langsung pada komponen motherboard. Secara fisik hanya dapat dilihat pada port untuk monitornya saja.

Sedangkan vga non onboard adalah kartu vga yang penempatannya pada slot tersendiri yakni slot AGP atau PCI Express. Vga non onboard dapat dengan mudah diganti-ganti dengan kartu vga yang lain.



18. Modulator demodulator
Modulator demodulator sering disebut dengan modem. Yaitu bagian dari hardware yang memproses sinyal analog menjadi digital atau sebaliknya memproses data digital menjadi sinyal analog. Modem digunakan untuk melakukan koneksi internet. Dilihat dari penempatannya, ada dua jenis modem yaitu modem internal dan modem eksternal.

Modem internal yaitu modem yang penempatannya di atas motherboard. Modem internal biasa ditempatkan pada slot PCI. Kelebihan modem internal adalah praktis karena berada pada casing komputer. Jika suatu saat komputer harus dipindah, modem tidak perlu dibongkar. Hal ini karena letak modem yang sudah menyatu.

Sedangkan modem eksternal adalah modem yang penempatannya tidak menyatu diatas motherboard. Modem eksternal ini menggunakan koneksi universal serial bus (usb) atau port com. Kelebihan modem eksternal adalah modem tersebut mudah dipindah-pindah dari komputer satu ke komputer yang lain.

Ada banyak jenis modem, 7 di antaranya adalah yaitu modem dialup, modem adsl, modem cdma, modem gsm, modem kabel TV, modem radio, dan modem satelit. Masing-masing modem memiliki penempatan masing-masing. Maksudnya modem adsl tidak bisa digunakan untuk koneksi internet dialup. Demikian juga modem dialup tidak dapat digunakan untuk koneksi internet gsm, cdma ataupun adsl.

Modem cdma ataupun modem gsm menggunakan port usb sebagai koneksinya. Hal ini sangat praktis, sehingga kamu dapat melakukan koneksi internet secara mobile atau berpindah-pindah menggunakan laptop.

19. Sound card
Sound card yaitu komponen pada komputer yang berfungsi sebagai pengolah suara. Data suara diproses oleh kartu suara ini kemudian outputnya dapat didengar melalui speaker. Secara umum sound card sudah ada pada motherboard. Tetapi untuk pengolah suara secara professional biasanya menggunakan sound card tidak onboard yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Kualitas suara yang dihasilkan akan sangat bergantung pada kualitas soundcard sebagai alat yang memproses. Namun demikian, kualitas speaker pun turut berperan juga sebagai alat keluaran atau output.

Bagian-bagian pada sound card yang perlu kalian kenal adalah line in, line out, mic, dan speaker. Line in merupakan port yang berfungsi sebagai media masukkan saat kamu melakukan rekaman suara ke komputer. Line in berbeda dengan port mic.

Pada port line in kamu memerlukan media lain seperti sound mixer. Sound mixer inilah yang menangkap sinyal dari microphone kemudian mengarahkan pada line in untuk dapat diproses oleh komputer. Kualitas rekaman yang dihasilkan melalui line in akan jauh lebih baik dibandingkan menggunakan port mic.

Port line out adalah bagian dari sound card yang berfungsi sebagai media output. Line out dapat dihubungkan ke tape recorder, mixer, atau amplifier untuk diproses lebih baik sebelum dikeluarkan ke speaker.

Port mic seperti disinggung pada bagian atas, yaitu port yang berfungsi menghubungkan media masukan contohnya microphone. Kamu dapat menggunakan port ini misalnya untuk berkaraoke menggunakan komputer atau melakukan komunikasi suara saat chating. Misalnya telephone internet.

20. Power supply
Power supply yaitu komponen dalam cpu yang berfungsi mengalirkan arus listrik ke setiap perangkat cpu. Perangkat yang dihubungkan langsung oleh power supply contohnya adalah hard disk, floppy drive, cd/DVD ROM, dan motherboard itu sendiri.

Arus listrik PLN diproses oleh power supply kemudian tegangannya diperkecil baru dialirkan ke komponen-komponen cpu. Perlu hati-hati dalam menangani power supply. Sebaiknya matikan arus listrik jika kamu ingin membongkar cpu.

Pada gambar power supply ini dapat dilihat kabel yang berwarna merah, hitam dan kuning. Kabel-kabel inilah yang akan dihubungkan dengan perangkat atau komponen-komponen dalam cpu.

Secara umum power supply ada dua jenis yaitu jenis AT dan ATX. Power supply jenis AT dapat dengan mudah ditandai saat melakukan shutdown komputer. Power supply ini harus menekan tombol on/off setelah proses shutdown selesai. Sedangkan power supply jenis ATX dapat merespon proses shutdown komputer hingga computer benar-benar mati atau power off. Saat ini power supply AT sudah jarang digunakan. Bahkan untuk daerah-daerah tertentu sudah tidak ada yang mensupport.

21. Floppy drive
Floppy drive adalah komponen pada cpu yang berfungsi sebagai media pembaca disket. Floppy drive ada dua macam sesuai ukuran disket yakni 3,5 inchi dan 5,25 inchi. Namun saat ini ukuran floppy yang paling umum adalah 3,5 inchi.


22. Cdrom / DVDrom
CD ROM atau DVD ROM yaitu perangkat keras yang digunakan untuk membaca CD atau DVD. Ada beberapa jenis pada perangkat ini yaitu CD ROM, CD Writer, CD ROM Combo, dan DVD Writer. Hal ini disesuaikan dengan produk keping cd/DVD yang ada dipasaran.

CD ROM hanya dapat membaca keping CD atau Compact disc. CD ROM tidak dapat membaca keping DVD atau melakukan proses perekaman atau burn pada keping CD. Perangkat CD ROM sudah sangat jarang ditemui dan dianggap sudah ketinggalan.

CD Writer adalah setingkat lebih atas daripada CD ROM. Perbedaannya adalah mampu melakukan penulisan atau perekaman (burn) pada CD. Namun tetap saja belum mampu membaca keping DVD.

CD ROM Combo adalah perangkat yang mampu membaca DVD maupun CD. Bahkan pada perangkat cdrom combo mampu melakukan proses penulisan (burn) pada keping CD. Namun CD ROM Combo belum mampu melakukan proses penulisan (burn) pada keping DVD.

Sedangkan DVD Writer adalah perangkat keras yang dapat membaca keeping CD maupun DVD bahkan dapat melakukan proses penulisan (burn) pada keping CD dan DVD.

Dilihat dari bentuknya antara CD ROM hingga DVD Writer sama. Yang membedakan adalah kemampuan baca dan tulisnya terhadap media CD atau DVD. Sedangkan dilihat dari kecepatan, alat ini berbeda-beda.

23. Ethernet card / NIC
Ethernet card sering disebut dengan Network Interface Card atau NIC. Dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan kartu jaringan. Ethernet card yaitu alat yang memproses sinyal jaringan komputer.

Jika komputer hendak dihubungkan satu sama lain sehingga dapat saling berkomunikasi dalam jaringan LAN (local area network), memerlukan perangkat ini. Kartu jaringan ada dua jenis yaitu onboard dan non onboard. Untuk motherboard pada era sekarang, biasanya ethernet card sudah disertakan secara permanent (onboard). Sehingga pemakai komputer tidak perlu menambah dengan kartu jaringan. Tetapi selain onboard, terdapat kartu jaringan tersendiri yang ditancapkan pada slot PCI.

1.            Pada contoh gambar ini adalah ethernet card yang dipasang pada slot PCI. Dan kartu jaringan ini memiliki dua tipe yaitu tipe jaringan coaxial dan RJ45.

24. Firewire card
Firewire merupakan sebuah kartu transfer data yang memiliki kecepatan tinggi. Alat ini pertama dikembangkan oleh perusahaan bernama Apple. Firewire sangat cocok digunakan untuk proses data besar dan berkecepatan tinggi seperti pada transfer video.

1.            Menangkap gambar dari camcorder dengan sempurna.
2.            Salurannya bebas suara bising (noise-free), sehingga dipakai sebagai saalh satu standar alat studio rekaman modern.

Saat ini firewire sudah ada yang onboard. Tetapi jika motherboard belum mendukung secara langsung adanya firewire, maka dengan memanfaatkan slot pci kamu dapat memasang sendiri card firewire. Kartu firewire memiliki keunggulan yaitu:

1.            Memiliki kecepatan pertukaran data sangat tinggi dan bersifat realtime.
2.            Bersifat plug and play. Yaitu saat pertama kali dipasang, sistem operasi secara otomatis mendeteksi adanya alat ini sehingga tidak perlu menggunakan file driver.
3.            Dalam kerjanya firewire tidak melibatkan memori prosesor komputer sehingga sifatnya jadi stabil dan tidak mudah hang.
4.            Kabel penyambungnya bisa dilepas-copot tanpa harus mematikan alat ataupun mengganggu kinerja komputer (hot swapping).
5.            Mampu menyambung dan mengenali sampai 63 alat berbasis firewire secara serentak, tanpa mengganggu kinerja satu-sama lain.
6.            Dapat digunakan bahkan tanpa harus tersambung pada komputer –sebagai mediator- sekalipun, misalnya ketika menggunakan scanner dan printer (peer-topeer).
7.            Kabelnya bisa membawa energi listrik sampai 45 watt hingga bisa meringkas penggunaan kabel.

25. TV Tunner
TV tunner adalah komponen tambahan yang dapat diletakkan pada computer (cpu) dan berfungsi sebagai penangkap sinyal televisi. Dengan tv tunner, computer yang digunakan dapat menayangan siaran-siaran televisi.

Ada dua jenis tv tunner yaitu internal dan eksternal. TV tunner internal terletak di dalam cpu sedangkan tv tunner eksternal terletak di luar cpu. Selain digunakan sebagai media yang dapat menangkap sinyal televisi, tv tunner dapat digunakan sebagai media transfer video dari camcorder.

TV tunner seperti layaknya sebuah pesawat televisi, dilengkapi dengan antena. Namun antena pada tv tunner ada yang berbentuk kecil sehingga tidak perlu dihubungkan dengan antena luar.

Selain dipasang pada slot pci, tv tuner kini ada yg ditancapkan pada port usb. Bahkan dari sisi bentuknya, ada yang sudah mirip dengan flashdisk. Dengan demikian akan sangat fleksibel karena dapat digunakan secara mobile (berpindahpindah).

Saat ini tv tuner selain menangkap siaran televisi dan sebagai media capture (menangkap file video), juga dilengkapi dengan AM/FM radio. Sehingga kamu dapat mendengarkan siaran-siaran radio melalui komputer/laptop.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More