jam

Minggu, 06 Maret 2011

Materi TIK Kelas 9 : INTERNET SEHAT

Jaringan Internet sangat banyak manfaatnya. Orang dapat berkirim berita, berkirim e-mail, bercanda pada saat di Internet. Mencari ilmu sudah menjadi bagian utama bagi sebagian pelajar yang menggunakan Internet. Sebagian orang bahkan dapat membeli dan berjualan di Internet. Sebagian orang bakan melakukan transaksi untuk tabungan dengan bank-nya di Internet.

Yang menjadi masalah adalah orang-orang yang berhati jahat ternyata juga banyak terdapat di Internet. Orang jahat ini sering kali berusaha untuk memperoleh uang, dengan cara mencuri isi komputer yang kita gunakan, memeras keuangan kita, dan mencuri identitas seperti alamat e-mail.

Jangan pernah langsung percaya dengan orang yang ada di Internet. Kita harus waspada terhadap tingkah orang yang tidak baik di Internet agar kita tidak dirugikan oleh ulah mereka.

Perhatikan cuplikan kartun pada gambar 9.2 yang di ambil dari buku kartun Internet Sehat terbitan dari teman-teman di ICT Watch http://ictwatch.com . Dari cuplikan kartun ICT Watch di perlihatkan seorang putri sedang chatting dengan pria bule yang ganteng yang sepertinya, sangat menjanjikan apalagi dia adalah seorang pria ganteng, bule bersedia chatting di Internet dengan kita di Indonesia.

Biasanya chatting tersebut akan berlanjut ke janji untuk pertemuan, janji untuk pernikahan, tidak mustahil akan mengeluarkan uang untuk membiayai perjalanan dan masih banyak lagi. Kita sebagai orang Indonesia di Asia yang biasanya terbelakang, biasanya akan berprasangka baik terhadap orang bule yang ada di Internet.

Sayangnya, kita harus berhati-hati karena kemungkinan sang bule yang chatting denganmu adalah penipu ulung.

Mari kita perhatikan baik-baik beberapa cuplikan surat elektronik di bawah ini.

Date: Mon, 16 Feb 2009 17:16:54 +0800 (SGT)
From: Primas Priambudi < primus02200@yahoo.com.sg >
Subject: Peluang Dapat Duit Enam Ratus Juta Tanpa Modal

Dear All,
Hanya dengan mencari 5 member tanpa mengeluarkan duit sepeserpun, Anda bisa menghasilkan uang Rp 600 juta sebagai bonus memasarkan website ini. Ayo buruan mendaftar dan mereferensikan kepada 5 orang teman Anda. Daftar melalui link : http://tinyurl.com/9qz6z3[tinyurl.com]

Salam, Primus

Juga perhatikan baik-baik e-mail berikut ini,

Date: Tue, 10 Feb 2009 07:50:15 +0100
Subject: Mendesak Balasan

Dearest,

My name is Putri Marihani.the asal (POSO). Saya mendapat kontak Anda dari internet bila mencari mitra lokal yang akan membantu Mr SL SAVIMBI warisan itu untuk berinvestasi di dana INDONESIA.datang aross dengan Mr SL SAVIMBI investor yang tertarik berinvestasi di
bawah Anda.

Dia sekarang di london dan stutent di london, dan ia diwarisi dana ini ($ 4.5m) juta dolar dari ayah terlambat Dr Jonas Savimbi seorang pemimpin pemberontak di Indonesia dan dia Promis untuk memberikan 30% dari FUND untuk membantu dia berinvestasi ini dana untuk itu.
Untuk informasi lebih lanjut visit his late father’s website http://www.empereur.com/angola.html

Silakan menulis:
1. Nama lengkap
2. pekerjaan
3. Umur
4. nomor telepon
5. Nama perusahaan

Trima kasih perhatian.
Putri Marihani

Memang sangat menggiurkan janji yang di berikan, kita dapat menjadi kaya dengan mudah bahkan tanpa modal apapun. Jumlah uang yang di janjikan biasanya dalam orde ratusan juga bahkan Milyard rupiah. Sangat menggiurkan sekali janji tersebut. Tentunya masih banyak lagi ragam e-mail jenis ini, ada yang menawarkan uang untuk usaha, bahkan ada yang menawarkan situs yang tidak baik secara terang-terangan.

Yang sering menjengkelkan dari situs atau e-mail jenis ini adalah karena mereka kadang-kadang dibuat untuk mencuri password e-mail kita, bahkan mencuri berbagai informasi penting yang kita miliki, seperti nomor bank dsb.

Semua yang di terangkan di atas adalah sedikit sekali cuplikan dari banyak sekali hal yang tidak baik yang ada di Internet. Internet memang banyak menjanjikan hal yang baik, tapi sayangnya tidak sedikit orang di Internet yang memanfaatkannya untuk hal-hal yang buruk. Jumlah situs tidak baik jumlah-nya mendekati satu milyard halaman web, puluhan juta gambar, dan puluhan juta blog. Kita sering kali di kecohkan oleh situs ini yang lebih banyak untuk (1) menipu, (2) mengumbar napsu duniawi, (3) kekerasan, (4) judi dan masih banyak lagi.

Untuk menjaga diri baik-baik pada saat kita berselancar di Internet, alangkah baiknya jika kita dapat membaca dengan seksama buku-buku Internet Sehat yang di luncurkan oleh teman-teman di ICT Watch ( www.ictwatch.com ). Buku Internet Sehat tersebut adalah,


Di samping buku-buku sebetulnya ada teknik-teknik maupun software yang dapat membantu kita agar tidak terjerumus ke hal yang tidak baik pada saat berselancar di Internet. Teknik untuk memproteksi diri dari situs tidak baik di Internet di jelaskan secara detail di situs http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Teknik_Memblok_Situs_Tidak_Baik

Beberapa software yang dapat membantu untuk memproteksi kita dari perbuatan tidak baik di Internet dapat juga di ambil, antara lain adalah,

Browser Kid Rocket http://www.ictwatch.com/internetsehat/download/internetsehat-anekasoftware/kidrocket_v15.exe

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More