jam

Minggu, 06 Maret 2011

Materi TIK Kelas 7 : Monitor

Monitor adalah alat output atau keluaran yang berfungsi menampilkan hasil proses komputasi. Instruksi-instruksi yang kita masukkan ke komputer, akan ditampilkan pada layar monitor. Tampilan pada monitor diukur oleh satuan pixel, semakin tinggi pixelnya maka resolusi monitor juga tinggi, maka gambar yang ditampilkan semakin tajam dan jelas. Begitu pula sebaliknya semakin rendah pixelnya maka resolusinya akan rendah, dan gambar akan terlihat kurang jelas.

Monitor komputer ada beberapa jenis yaitu monitor CRT dan monitor LCD. Monitor CRT (catoda ray tube) merupakan monitor yang mempunyai tabung yang memproduksi elektron untuk menembak layar, sehingga tercipta gambar di layer seperti cara kerja di televisi. Monitor ini memakai port 15 pin dengan 3 baris. Sedangkan monitor LCD (Liquid crystal display) yaitu monitor kristal air yang banyak digunakan pada komputer laptop/notebook. Namun sekarang monitor personal komputer sudah banyak yang menggunakan teknologi LCD.


Dilihat dari ukurannya monitor ada beberapa jenis, yaitu 14inch, 15inc, 17inch dan 21inch. Meski ukuran di atas itu masih ada, namun untuk penggunaan secara umum jarang digunakan. Sedangkan dilihat dari tampilannya, monitor dibedakan menjadi tiga yaitu monitor monochrome, grayscale, dan monitor color.

Monitor monochrome yaitu monitor yang memiliki satu warna. Untuk penggunaan umum, monitor ini jarang digunakan. Namun kamu dapat menjumpai monitor jenis ini pada swalayan khususnya di kasir. Pada bagian kasir yang tugasnya adalah merekam transaksi penjualan tidak perlu membutuhkan monitor berwarna.

Monitor grayscale adalah monitor yang memiliki background warna putih dan bayang-bayang abu-abu. Sedangkan monitor color adalah monitor yang dapat menampilkan banyak warna.

Pada monitor terdapat berbagai standar dalam kualitas gambar yang didasarkan pada resolusi. Perhatikan tabel di bawah ini:

Kesimpulan dari tabel di atas adalah semakin besar resolusi sebuah monitor maka semakin halus dan bagus kualitas gambar yang dihasilkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More