jam

Minggu, 06 Maret 2011

Materi TIK Kelas 7 : Printer

Printer adalah perangkat pencetak dari proses input yang dilakukan oleh penggunanya. Sebagai contoh pada saat kamu mengetik, hasilnya tidak cukup diperlihatkan pada layar monitor, tetapi perlu dicetak. Adapun hasil cetakan atau printout dapat ditempatkan pada kertas atau plastik transparansi, misal untuk digunakan sebagai slide.

Printer terdapat tiga jenis dilihat dari cetakannya, yaitu printer dot-matrik, printer tinta (ink jet), dan printer laser (laser jet).

Printer dot matrik adalah printer yang cara kerjanya dalam mencetak dengan mengetukan jarum-jarum pencetak ke atas kertas. Tinta printer dot matrik menggunakan tinta pita seperti mesin ketik. Jenis printer ini ada dua macam yakni dot matrik 9 pin dan dot matrik 24 pin. Hasil pencetakan 24 pin akan lebih halus daripada dot matrik 9 pin. Printer ini sering kamu jumpai pada minimarket maupun super market pada kasir.

Printer tinta atau lebih dikenal dengan nama inkjet yaitu printer yang cara kerjanya adalah dengan menyemprotkan tinta yang ada di dalam cartridge ke kertas. Hasil cetakan akan lebih halus dibandingkan dengan dot matrik. Printer tinta saat ini ada yang mampu mencetak dengan kualitas foto.

Printer laser jet merupakan jenis printer yang cara kerjanya seperti mesin fotokopi. Tinta yang digunakan berupa serbuk yang dipanaskan. Kualitas cetakan printer laserjet paling bagus diantara jenis printer di atas. Dilihat dari sisi harga, printer laserjet lebih mahal dari printer dot matrik maupun printer tinta.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More