jam

Minggu, 06 Maret 2011

Materi TIK Kelas 7 : Power supply

Power supply yaitu komponen dalam cpu yang berfungsi mengalirkan arus listrik ke setiap perangkat cpu. Perangkat yang dihubungkan langsung oleh power supply contohnya adalah hard disk, floppy drive, cd/DVD ROM, dan motherboard itu sendiri.

Arus listrik PLN diproses oleh power supply kemudian tegangannya diperkecil baru dialirkan ke komponen-komponen cpu. Perlu hati-hati dalam menangani power supply. Sebaiknya matikan arus listrik jika kamu ingin membongkar cpu.

Pada gambar power supply ini dapat dilihat kabel yang berwarna merah, hitam dan kuning. Kabel-kabel inilah yang akan dihubungkan dengan perangkat atau komponen-komponen dalam cpu.

Secara umum power supply ada dua jenis yaitu jenis AT dan ATX. Power supply jenis AT dapat dengan mudah ditandai saat melakukan shutdown komputer. Power supply ini harus menekan tombol on/off setelah proses shutdown selesai. Sedangkan power supply jenis ATX dapat merespon proses shutdown komputer hingga computer benar-benar mati atau power off. Saat ini power supply AT sudah jarang digunakan. Bahkan untuk daerah-daerah tertentu sudah tidak ada yang mensupport.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More