jam

Minggu, 06 Maret 2011

Materi TIK Kelas 9 : Internet menggunakan Mobile Modem

Selain menggunakan WARNET, kita dapat mengakses Internet menggunakan handphone khususnya handphone yang mempunyai fasilitas 3G atau menggunakan mobile modem. Memang mobile modem masih agak mahal bagi kebanyakan orang Indonesia. Bagi anda yang cukup beruntung dan mempunyai handphone atau mobile modem dapat mencoba mengakses Internet menggunakan Linux.

Pada kesempatan ini kita akan melihat menu yang digunakan untuk mengakses Internet menggunakan mobile modem.

Jawab:
Salah mobile modem yang cukup baik dan relatif murah adalah Hwawei E220. Contoh berikut berjalan cukup baik pada modem Hwawei E220. Cara ini kemungkinan juga dapat dipakai untuk berbagai jenis modem 3G lain bahkan mungkin handphone yang mendukung 3G.

Bagi kita yang menggunakan Linux Ubuntu versi terbaru seperti 8.10 ke atas, langkah yang perlu dilakukan sederhana sekali.

Buka menu System → Preferences → Network Configuration. Maka akan tampak tampilan seperti Gambar

Pada menu Network Configuration akan tampak beberapa menu pilihan, seperti, Wired, Wireless, Mobile Broadband, VPN dan DSL. Khusus untuk keperluan kita untuk ber-Internet menggunakan
handphone atau mobile modem, kita dapat memilih menu Mobile Broadband seperti Gambar

Selanjutnya, kita dapat menekan tombol “+ Add” untuk memberitahukan menu Mobile Broadband akan jasa layanan Internet menggunakan handphone yang ingin kita gunakan. Kebetulan sekali pada Linux Ubuntu telah di sediakan menu untuk membantu pengguna untuk mengakses Internet menggunakan Mobile Broadband, yang di mulai sepert Gambar

Selanjutnya, kita hanya perlu menekan tombol “Forward” untuk melanjutkan instalasi modem handphone yang akan kita gunakan. Setelah kita memilih dan menekan “Forward” maka akan tampak pilihan operator selular Indonesia yang dapat kita gunakan untuk mengakses Internet. Seperti tampak pada Gambar

Pilihlah operator handphone yang digunakan sesuai dengan SIM card yang kita gunakan. Selanjutnya, tekan tombol “Forward” untuk menyelesaikan proses konfigurasi modem mobile broadband.

Setelah tampak tampilan Gambar yang mengkonfirmasikan operator handphone yang akan digunakan. Tekan tombol “Apply” untuk memastikan bahwa kita akan menggunakan jaringan handphone yang dimaksud.

Gambar Konfirmasi operator handphone yang akan digunakan. Untuk menjaga kerahasiaan konfigurasi, biasanya kita diberikan kesempatan untuk memasukan password seperti di tayangkan pada tampilan Gambar 3.6.

Selesai sudah proses konfigurasi modem mobile broadband untuk dapat mengakses Internet menggunakan jaringan handphone. Kita dapat melihat adanya konfigurasi baru pada menu mobile broadband seperti ditayangkan pada Gambar 3.7.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More