jam

Minggu, 06 Maret 2011

Materi TIK Kelas 7 : Modulator demodulator

Modulator demodulator sering disebut dengan modem. Yaitu bagian dari hardware yang memproses sinyal analog menjadi digital atau sebaliknya memproses data digital menjadi sinyal analog. Modem digunakan untuk melakukan koneksi internet. Dilihat dari penempatannya, ada dua jenis modem yaitu modem internal dan modem eksternal.

Modem internal yaitu modem yang penempatannya di atas motherboard. Modem internal biasa ditempatkan pada slot PCI. Kelebihan modem internal adalah praktis karena berada pada casing komputer. Jika suatu saat komputer harus dipindah, modem tidak perlu dibongkar. Hal ini karena letak modem yang sudah menyatu.

Sedangkan modem eksternal adalah modem yang penempatannya tidak menyatu diatas motherboard. Modem eksternal ini menggunakan koneksi universal serial bus (usb) atau port com. Kelebihan modem eksternal adalah modem tersebut mudah dipindah-pindah dari komputer satu ke komputer yang lain.

Ada banyak jenis modem, 7 di antaranya adalah yaitu modem dialup, modem adsl, modem cdma, modem gsm, modem kabel TV, modem radio, dan modem satelit. Masing-masing modem memiliki penempatan masing-masing. Maksudnya modem adsl tidak bisa digunakan untuk koneksi internet dialup. Demikian juga modem dialup tidak dapat digunakan untuk koneksi internet gsm, cdma ataupun adsl.

Modem cdma ataupun modem gsm menggunakan port usb sebagai koneksinya. Hal ini sangat praktis, sehingga kamu dapat melakukan koneksi internet secara mobile atau berpindah-pindah menggunakan laptop.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More