jam

Minggu, 06 Maret 2011

Materi TIK Kelas 7 : TV Tunner

TV tunner adalah komponen tambahan yang dapat diletakkan pada computer (cpu) dan berfungsi sebagai penangkap sinyal televisi. Dengan tv tunner, computer yang digunakan dapat menayangan siaran-siaran televisi.

Ada dua jenis tv tunner yaitu internal dan eksternal. TV tunner internal terletak di dalam cpu sedangkan tv tunner eksternal terletak di luar cpu. Selain digunakan sebagai media yang dapat menangkap sinyal televisi, tv tunner dapat digunakan sebagai media transfer video dari camcorder.


TV tunner seperti layaknya sebuah pesawat televisi, dilengkapi dengan antena. Namun antena pada tv tunner ada yang berbentuk kecil sehingga tidak perlu dihubungkan dengan antena luar.

Selain dipasang pada slot pci, tv tuner kini ada yg ditancapkan pada port usb. Bahkan dari sisi bentuknya, ada yang sudah mirip dengan flashdisk. Dengan demikian akan sangat fleksibel karena dapat digunakan secara mobile (berpindahpindah).

Saat ini tv tuner selain menangkap siaran televisi dan sebagai media capture (menangkap file video), juga dilengkapi dengan AM/FM radio. Sehingga kamu dapat mendengarkan siaran-siaran radio melalui komputer/laptop.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More