jam

Minggu, 06 Maret 2011

Materi TIK Kelas 7 : Perangkat Keras Masukan

Perangkat keras masukan atau sering disebut dengan input hardware adalah perangkat yang terdapat pada komputer atau TI yang berfungsi memasukkan data untuk diproses. Seperti kalian ketahui, komputer akan memproses atau menjalankan sebuah perintah jika sudah ada data-data yang dimasukkan atau diinput.


1. Keyboard
Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.

Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu berlubang (punched card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan alat untuk membaca kartu berlubang (punched card reader) sebagai alat
input dan output. Keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti: ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > /, .?: ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tuts. Sedangkan pada mesin ketik biasa jumlah tutsnya hanya 52 tuts. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif.

Dilihat dari bentuk dan fungsinya, keyboard hampir sama dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan setiap huruf atau simbol yang diketik, karena hasilnya langsung tercetak di atas selembar kertas. Tidak demikian halnya dengan keyboard komputer. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan dan kesalahan pengetikan lainnya. Setelah sempurna, maka dapat dicetak di atas selembar kertas melalui printer.

Mouse

Merupakan perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data dengan cara menekan tombol klik. Pada mouse secara umun terdiri dari dua tombol eksekusi dan satu scroll. Pada layar monitor akan tampak lambang mouse yang disebut dengan pointer. Mouse biasanya digunakan di atas permukaan yang rata. Apabila mouse digerakkan ke sebelah kanan, secara otomatis pointer akan bergerak ke kanan.

Begitu juga sebaliknya. Ada tiga jenis tipe mouse yaitu:

a. Mouse mekanis
Mouse yang pertama kali muncul ini menggunakan sebuah bola untuk mengontrol pergerakan pointer. Bola mouse bentuknya kecil dan terletak pada bagian bawah mouse. Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan pointer, yang satu searah horizontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah).

Jika pengendali horisontal digerakkan, maka pointer hanya akan bergerak secara horizontal saja pada layar monitor komputer. Dan sebaliknya jika pengendali vertikal yang digerakkan, maka pointer hanya bergerak secara vertikal saja dilayar monitor. Jika keduanya kita gerakkan maka gerakan pointer akan menjadi diagonal. Nah, jika bola kecil dimasukkan kembali, maka bola itu akan menyentuh dan menggerakkan kedua pengendali gerak tersebut sesuai dengan arah mouse yang kita gerakkan.

b. Mouse optic
Seiring dengan perkembangan teknologi mouse, maka ditemukan beberapa kelemahan ketika menggunakan mouse biasa, di antaranya adalah: bola mouse macet, sehingga sulit digerakan, alas mouse yang tak rata menyebabkan pergerakan mouse menjadi terhambat, penutup bola mouse kadangkala terlepas yang mengakibatkan bola lepas dan debu masuk ke dalam mouse dan menyebabkan pengendali gerak sulit digerakkan.

Kemudian diciptakan mouse menggunakan sinar infra merah (infra red) yang digunakan sebagai sensor. Mouse ini sudah tidak menggunakan bola lagi untuk menggerakkan pointer.

c. Mouse wireless
Untuk mengatasi kendala panjang kabel yang terbatas, maka teknologi wireless menjadi jawabannya. Ketika pada awalnya, pergerakan mouse terbatas oleh panjang kabel, maka setelah muncul wireless mouse dapat digerakkan lebih bebas asalkan masih dalam jangkauan sensor mouse.

Perintah input data pada mouse antara lain klik kanan, klik kiri, drag, drop dan scrolling. Klik kiri secara umum digunakan sebagai tombol utama eksekusi. Klik kanan digunakan untuk mengeluarkan menu-menu tertentu. Drag artinya menggeser objek pada layar monitor dengan cara menekan klik kiri dengan menahan beberapa saat disertai gerakan menggeser mouse. Drop adalah proses meletakkan objek setelah drag. Sedangkan scrolling adalah gerakan menggulung menggunakan tombol scroll.

3. Scanner
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotokopi hasilnya dapat langsung dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer, kemudian dapat dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus. Proses berikutnya adalah mengedit kemudian mencetak.

Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran pos, bahkan yang terbaru, bentuknya menyerupai sebuah pena. Scanner berukuran pena tersebut bisa, menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC). Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons.

Pada saat ini banyak sekali scanner yang beredar di dunia dengan berbagai merk pula, Di antaranya scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard, EPSON, UMAX dan masih banyak lagi. Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan.

Cara kerja scanner adalah ketika menekan tombol mouse untuk memulai scanning, yang terjadi adalah: penekanan tombol mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning. Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning. Nyala lampu yang terlihat pada Scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan. Setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.

4. Light pen
Alat ini digunakan dengan cara menunjuk ujung alat ke monitor computer yang peka kepada cahaya. Apabila pena ditempelkan dan digerakkan pada layer komputer maka satu isyarat elektronik akan dihantarkan dan akan dimengerti oleh program tersebut.

Dengan lightpen me- mungkinkan kamu untuk menyentuh suatu titik di layer dan komputer akan membaca lokasi tersebut. Teknologi ini banyak digunakan untuk membuat grafik atau gambar di dalam perencanaan dengan bantuan komputer. Seperti rancang bangunan atau disain grafis.

5. Trackball
Trackball adalah peralatan semacam mouse, kecuali pada trackball bola berputar yang terletak pada landasan seperti halnya mouse, pada trackball ini diletakkan pada bagian atas sehingga bisa digeser secara langsung dengan jari.

Beberapa model dari trackball didesain untuk diletakkan pada keyboard dari computer notebook.

6. Joystick
Joystick digunakan untuk keperluan game/permainan selama bertahun-tahun. Saat ini ukurannya semakin kecil, semacam pensil yang terletak diantara tombol keyboard.

Pointing device seperti joystick ini biasa didapatkan pada computer portable, karena komputer jenis ini seringkali digunakan pada tempat seperti pesawat terbang dimana tidak ada permukaan yang cukup untuk meletakkan suatu pointing device lain seperti mouse.

7. Touch screen
Touch screen disebut juga dengan layar sentuh. Saat ini banyak dijumpai pada beberapa peralatan seperti handphone, ATM, personal digital assistance dan lainnya. Sensor yang terdapat pada touch screen adalah berupa sebuah panel dari kaca yang permukaannya mampu untuk menangkap respon terhadap suatu sentuhan pada media tersebut disebut juga dengan touch sensor.

Touchscreen sering dipakai pada kios informasi di tempat-tempat umum, misalnya di bandara dan rumah sakit serta pada perangkat pelatihan berbasis komputer. Sistem touchscreen tersedia dalam bentuk monitor yang sudah memiliki kemampuan layar sensitif sentuhan.

Namun touchscreen ini juga bukannya tanpa kelemahan. Meskipun secara fisik kebal terhadap gangguan elemen-elemen luar, kinerja dari layar sentuh ini dapat diganggu oleh elemen-elemen seperti debu, air, dan benda-benda padat lainnya.

Sedikit saja terdapat debu atau benda lain yang menempel di atasnya maka layer sentuh dapat mendeteksinya sebagai suatu sentuhan. Sensor-sensor ultrasoniknya akan langsung bekerja dengan baik. Maka itu layar sentuh jenis ini harus dijaga dengan ekstra hati-hati. Layar sentuh jenis ini sangat cocok digunakan pada ruangan training komputer, keperluan dalam ruangan untuk menampilkan informasi dengan sangat jernih dan tajam, presentasi dalam ruangan, dan banyak lagi.

8. Barcode reader

Barcode Reader adalah alat yang digunakan untuk membaca kode barcode. Tanpa kita sadari bahwa setiap hari kita dapat menemui barcode pada barang-barang yang kita gunakan sehari-hari. Seperti pada pasta gigi, sabun, pada makananmakanan ringan, dan lain-lain. Contoh barcode seperti gambar berikut 9.a.

Barcode dibedakan menjadi 2 jenis barcode. Yaitu barcode 1 dimensi dan barcode 2 dimensi. Barcode 1 (satu) dimensi terdiri dari garis-garis yang berwarna putih dan hitam. Warna putih untuk nilai 0 dan warna hitam untuk nilai 1. Sedangkan barcode 2 (dua) dimensi sudah tidak berupa garis-garis lagi, akan tetapi seperti gambar. Jadi, informasi yang tersimpan di dalamnya akan lebih besar. Kode yang dibuat bisa bebas asalkan hanya digunakan pada sistem di suatu tempat seperti perpustakaan, akan tetapi untuk produk yang akan diedarkan dipasaran harus didaftarkan terlebih dahulu ke GS1 agar tidak sama dengan produk yang lain.

Barcode reader dapat dengan mudah kamu jumpai di supermarket atau tokotoko. Dan hampir semua barang dalam kemasan memiliki kode berbentuk baris-baris.

9. Microphone
Microphone adalah suatu alat yang digunakan untuk menginput data berupa suara. Suara yang diterima akan diproses menjadi sebuah data digital yang dapat dibaca komputer, dan akhirnya ditampilkan melalui speaker atau headset yang ada.


10. Kamera digital
Kamera digital dapat dikategorikan sebagai alat input. Sekarang kita dengan mudah dapat memproses foto baik saat pengambilan gambar, pengeditan maupun pencetakan. Secara definisi kamera digital adalah alat untuk membuat gambar dari suatu obyek, untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD atau sensor CMOS yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital.



Pemakaian kamera digital pada prinsipnya seperti penggunaan kamera biasa. Kelebihan kamera digital salah satunya adalah tidak menggunakan film seluloid namun dalam format file. Hal ini memungkinkan saat pengambilan gambar gagal, dapat dengan mudah prosesnya diulangi kembali. Dan file-file yang gagal dapat dihapus kemudian diganti dengan hasil yang lebih baik.

Kemudian dengan kamera digital, proses editing tidak harus dilakukan di studio foto. Namun kamu dapat memprosesnya sendiri dengan perangkat lunak, seperti GIMP yang sudah tersedia pada sistem operasi Linux. Cara memasukkan file-file hasil pengambilan gambar dapat dipindahkan ke komputer melalui koneksi usb atau dengan memindahkannya melalui memory card (kartu memori).

11. Camcorder
Camcorder adalah alat perekam elektronik portable yang mempunyai kemampuan video live-motion dan audio untuk kemudian dimainkan di Video Cassete Recorder (VCR), TV,  dan Komputer.

Camcorder dapat dikategorikan sebagai alat input. Kamu dapat mengambil gambar bergerak atau film yang direkam, kemudian ditransfer ke komputer untuk diolah. Kini sudah menjadi hal yang umum dalam sebuah keluarga mempunyai camcorder. Apalagi dengan harga yang sudah semakin kompetitif, sebuah camcorder menjadi mudah untuk mendapatkannya.

Untuk memasukkan hasil pengambilan gambar melalui camcorder, secara standar alat ini memiliki port usb, firewire, atau kabel rca. Sehingga dapat dengan mudah ditransfer ke komputer dengan menggunakan port yang sama. Bisa juga transfer video menggunakan tv tunner (alat penerima siaran televisi) sebagai media capture (menangkap gambar).

12. Web camera
Perkembangan teknologi memungkinkan orang dapat berkomunikasi sambil melihat lawan bicaranya. Salah satu perangkat yang membantu hal tersebut adalah webcam. Dengan web camera (webcam), seseorang bisa berkomunikasi atau chatting sambil melihat lawan bicaranya.

Webcam adalah kamera kecil yang dapat dipasang pada bagian atas monitor komputer dan dapat menangkap video serta gambar, kemudian langsung menyimpannya dalam hard drive komputer kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More