jam

Minggu, 06 Maret 2011

Materi TIK Kelas 9 : Gambaran Umum Sambungan Internet

Gambaran sederhana sambungan ke Internet di perlihatkan pada gambar di bawah Dalam konfigurasi sebuah sambungan ke Internet terdapat beberapa unsure penting, yaitu,
1.                  Komputer
2.                  Internet, biasanya melalui sebuah Internet Service Provider (ISP).
3.                  Modem

Ada beberapa jenis modem yang dapat digunakan untuk menyambungkan komputer ke Internet. Masing-masing modem mempunyai karakteristik berbeda, yaitu, Menggunakan modem dial-up dan sambungan melalui kabel telepon.

Pada teknik dial-up, modem dipasang di komputer, baik di dalam maupun di luar kotak komputer. Melalui komputer tersebut, kita dapat menelepon tempat akses Internet.

Menggunakan handphone. Dengan semakin maraknya penggunaan handphone di Indonesia, Internet melalui handphone juga semakin marak. Hampir semua operator selular di Indonesia memberikan akses Internet sebagai layanan tambahan di jaringan selular mereka. Secara umum ada dua (2) teknologi, yaitu, GPRS dan 3G.

Menggunakan Wireless, atau juga di kenal sebagai WiFi, atau HotSpot. Pada saat ini kebanyakan laptop yang di jual di pasaran telah mempunyai peralatan Wireless Internet atau lebih di kenal WiFi. Dengan peralatan WiFi yang ada kita dapat langsung terhubung ke jaringan Interent di tempat-tempat yang tersedia akses WiFi atau dikenal sebagai HotSpot, yang tersedia di hotel, restoran, kompleks perkantoran dan di bandara.

Biaya Internet biasanya dirasakan terlalu mahal bagi sebagian besar rakyat Indonesia. Teknik-teknik penyambungan Internet yang di jelaskan di atas biasanya akan membutuhkan biaya yang mahal. Sebaiknya jangan menggunakan teknik di atas jika tidak di ijinkan oleh orang tuamu, karena biaya yang harus di bayar akan menjadi mahal jika kita terlalu lama ber- Internet.

Kita cukup beruntung karena teknologi Internet bisa di bagi ke beberapa orang atau beberapa komputer agar bisa ber-Internet secara bersama-sama. Dengan cara membagi satu saluran ke beberapa komputer atau beberapa orang atau beberapa rumah, maka biaya Internet menjadi lebih murah. Teknik ini biasa digunakan di Warung Internet (WARNET), kantor, sekolah yang menyambungkan puluhan computer melalui sebuah sambungan ke Internet..

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More